Kamis, 10 Februari 2011

TUGAS 1 Teknologi Komunikasi Pendidikan



Soal :
1. Mengapa pembelajaran disebut juga sebagai proses komunikasi?
2. Jelaskan dampak positif dan negatif teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan?

Jawaban :
1. Pembelajaran disebut sebagai proses komunikasi karena :
Didalam bagan komunikasi Schramm ( slide no 9 – 10, Konsep Dasar Teknologi Komunikasi Dalam Pendidikan, oleh Dr. Nina Kurniah ) digambarkan dan dijelaskan bahwa , Proses komunikasi memiliki komponen :
a. Sumber pesan: dpt berupa org yg mempunyai gagasan, pikiran, perasaan atau pesan lainnya yg ingin disampaikan kpd org lain.
Komponen ada dalam proses pembelajaran dikelas, dalam hal ini dikenal sebagai guru atau tutor.
b. Encoding: proses pengubahan atau penuangan pesan ke dalam lambang atau symbol.
Komponen ini ada dalam prose pembelajaran dalam kelas, dimana guru memyampaikan pesan ( materi pelajaran ), dengan bahasa, tulisan ( huruf atau angka ) dan symbol – symbol lain yang baku. Penyampaiannya bisa dituangkan dalam bentuk audio maupun visual.
c. Saluran media: segala sesuatu yg dpt digunakan utk menyalurkan pesan
Dalam pembelajaran, saluran media, bias lewat audio / pendengaran , lewat visual / pengelihatan, dan keterampilan berkomunikasi guru, sehingga pesan mudah diterima.

d. Noise/distorsi: gangguan dlm penyaluran pesan
Dalam pembelajaran, noise/distorsi terjadi baik dari dalam lingkungan belajar itu sendiri, misalnya suasana kelas yang tidak kondusif, misalnya kelas yang kotor dan bau, gangguan dari siswa ataupun guru itu sendiri, misalnya pada saat prose pembelajaran, ada siswa yang rebut, ada hp yang berbunyi dan lainnya .Dapat juga berasal dari luar, misalnya lokasi belajar yang di kelilingi tempat yang ramai,misalnya dekat dengan pasar dan lain – lain.
e. Decoding: proses penafsiran lambang-lambang yg mengandung pesan
Pesan ( dalam hal ini materi pelajaran ) yang telah disampaikan guru akan ditafsirkan oleh siswa. Maka dituntut kemampuan guru untuk memastikan apakah pesan yang disampaikan, dapat ditafsirkan atau dimengerti oleh siswa, dengan tepat sesuai yang diharapkan. Bila belum dapat ditafsirkan oleh sisw, maka harus dicari metode yang tepat agar siswa mudah memahaminya.
f. Penerima pesan: objek yg menjadi tujuan penyampaian pesan
Dalam hal ini dalam pembelajaran, dikenal sebagai murid atau siswa.
Disimpulkan bahwa unsur – unsur dalam proses komunikasi juga ada dalam pembelajaran, maka pembelajaran disebut juga proses komunikasi.
2. Dampak positif dan negatif teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan :
No
Aspek
Positif
Negatif
1
Bebicara
Digunakan berbagai macam bahasa asing. Sehingga interaksi semakin luas, mendunia , dan pengetahuan baru mudah didapat.
- Bahasa nasional beresiko tercampur aduk dengan bahasa asing.
- Bahasa daerah semakin tergusur di
2
Tulisan
Semakin mempermudah untuk menuangkan ide atau gagasan dari yang sederhana ( dipahami manusia ) sampai tingkat tinggi ( dipahami mesin / Komputer ), pembelajaran semakin menarik.
Ide yang bertentangan dengan moral dan kepribadian bangsa juga dengan mudah dituangkan dan disebarkan.
3
Percetakan
Semakin cepat dan semakin murah, dengan ditemukannya mesin percetakan, sehingga buku – buku untuk pembelajaran mudah didapat secara umum.
Tidak hanya buku – buku yang berguna bagi siswa, buku – buku yang bertentangan dengan moral dan kepribadian bangsa, juga dengan mudah dicetak dan disebarkan
4
Hubungan jarak jauh
Dengan alat telekomunikasi canggih seperti internet, telepon dan lainnya, informasi mudah diperoleh, pembelajaran semakin mudah dan memarik
Tidak hanya informasi positif yang diperoleh, informasi negative pun dengan mudah didapat siswa.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda